Semua Ada Disini

Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas pada Malam Hari

Rabu, 04 Maret 2015
Memperoleh istirahat dengan cukup merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan seseorang menjadi murung, kurang bersemangat, bermasalah pada jantungnya, menyebabkan penyakit maag bahkan gangguan kesehatan yang lain. Namun untuk memiliki tidur yang cukup dan berkualitas juga tidak mudah, sehingga banyak orang yang mencari cara agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Agar bisa tidur nyenyak, seseorang harus menjalankan pola hidup sehat seperti makan-makanan yang bergizi, melakukan olahraga secara rutin dan menghindari minum-minuman yang mengandung kafein alkohol dan juga minuman yang bersoda. Berikut  tips agar tidur nyenyak dan berkualitas pada malam hari.:
 Tips Agar Tidur nyenyak

  Tips Agar Tidur nyenyak dan Berkualitas  

 1  Melakukan Olahraga Secara Rutin
Cara agar mudah bisa tidur nyenyak yaitu dengan membiasakan untuk melakukan olahraga. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa salah satu manfaat melakukan olahraga secara rutin yaitu dapat memperbaiki pola tidur yang berkualitas. Pada umumnya manusia membutuhkan waktu beristirahat 7 sampai 8 jam setiap hari. Namun tidur yang dimaksud yaitu tidur yang berkualitas dan tidak bolak balik bangun atau merasa gelisah saat tidur. Dengan tidur yang berkualitas, maka dapat mengembalikan otot-otot yang tegang selama seharian beraktivitas.

 2  Tidak Mengkonsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur
Tips agar tidur nyenyak berikutnya yaitu dengan menghindari mengkonsumsi makanan berat menjelang tidur. Sebaiknya Anda membiasakan makan malam sebelum jam 7.Hal itu bertujuan saat pergi tidur makanan sudah dicerna di dalam tubuh. Karena keadaan perut yang terlalu penuh akan membuat sulit tidur. Apabila pada malam hari, Anda merasa lapar sebaiknya cukup mengkonsumsi buah-buahan dibanding mengkonsumsi jenis makanan cepat saji.

 3  Mematikan Komputer/ Laptop dan Handphone
Dengan mematikan komputer atau handphone ketika menjelang tidur merupakan tips agar tidur nyenyak yang sangat ampuh. Banyak orang yang menggunakan komputer untuk browsing, chatting bahkan untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Sebaiknya ketika pergi tidur, matikan komputer atau laptop supaya pikiran menjadi rileks dan tidak terbebani dengan aktivitas yang dilakukan. Mematikan handphone juga cara bisa tidur nyenyak. Hal itu bertujuan untuk menghindari sms atau panggilan masuk yang dapat mengganggu tidur Anda. Selain itu, mengobrol dengan menggunakan handphone menjelang tidur juga harus dihindari. Hal itu memperoleh tidur yang nyenyak dan berkualitas.

 4  Mematikan Lampu Ketika Tidur
Tips agar bisa tidur nyenyak yang terakhir yaitu dengan mematikan lampu atau gunakan lampu yang redup. Karena lampu yang terang akan membuat mata menjadi tidak mengantuk, meskipun bisa tidur namun tidak dapat tidur nyenyak. Tidur di dalam kamar yang gelap atau menggunakan cahaya yang tidak terang dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Demikian beberapa tips agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas yang dapat Anda terapkan setiap hari. Dengan memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas, maka Anda akan menjadi lebih sehat dan bersemangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.
Sumber : http://www.initips.com/2014/08/4-tips-agar-tidur-nyenyak-dan-berkualitas.html
Comments
0 Comments

0 komentar: